rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Ini Harapan Aktivis BEM Unisba Pada Pilwali Kota Blitar 2024

Rakyatjelata.com - Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kota Blitar tahun 2024 diharapkan bisa berjalan secara transparan dalam seluruh tahapan, mulai dari pencalonan, kampanye, hingga pemungutan suara, serta kejujuran dan integritas dari semua pihak terkait. Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisba Blitar, Puan Maharani pada rabu 26/06/2024.

Selain itu Puan juga berharap masyarakat dapat berperan aktif sehingga Pilwali ini dapat menjadikan kemajuan sekaligus penguatan demokrasi lokal yang lebih baik.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2024, ITB Berkarya Jatim: Beda Pilhan Jangan Timbulkan Perpecahan

"Saya juga berharap agar masyarakat aktif dan terlibat dalam proses Pilwali, baik melalui partisipasi dalam pemilihan maupun dalam pemantauan jalan prosesnya, sehingga melalui Pilwali ini dapat terpilih pemimpin yang mampu memajukan dan mengembangkan kota Blitar, baik dari segi infrastruktur, ekonomi, maupun kesejahteraan masyarakatnya" ujarnya.

Puan menegaskan jika keterlibatan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan tentunya sangat penting untuk terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif selama periode kampanye dan pemilihan. Dengan demikian diharapkan Pilwali kota Blitar tahun 2024 dapat menjadi tonggak kemajuan dan penguatan demokrasi lokal yang lebih baik bagi warga Kota Blitar.

Mengingat dalam berdemokrasi tentu ada perbedaan dalam pilihan, Puan menghimbau kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ketertiban dan kedamaian selama proses Pilwali berlangsung.

Baca Juga: Ini Harapan Dan Masukan Waketum DPM Unisba Blitar Untuk Pilkada Serentak 2024

"Hindari konflik fisik atau verbal yang dapat memicu ketegangan di antara pendukung calon, hormati hak setiap warga untuk memiliki pilihan calon sendiri. Demokrasi memungkinkan berbagai pandangan untuk diutarakan secara damai dan wajib dihargai"

"Penanganan permasalahan dalam Pilwali harus secara damai, apapun hasilnya, penting untuk bersikap dewasa dan menerima hasil Pilwali dengan lapang dada. Jika ada sengketa, selesaikan melalui mekanisme hukum tanpa kekerasan atau tindakan yang melanggar hukum" kata mahasiswi yang sedang proses menyelesaikan skripsi ini.

Sebagai aktivis mahasiswa, Puan mempunyai aspirasi yakni adanya komitmen yang kuat dari paslon terpilih dalam meningkatkan mutu pendidikan di kota Blitar, baik dari segi infrastruktur pendidikan, dan kualitas pengajaran. Paslon terpilih diharapkan untuk mengadakan program dan kebijakan yang mendukung pengembangan karier dan kesempatan kerja bagi mahasiswa dan pemuda Kota Blitar, termasuk pelatihan dan keterampilan. Juga agar untuk paslon terpilih melibatkan aktif mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan yang berdampak pada kesejahteraan dan masa depan kota Blitar, sehingga mahasiswa merasa memiliki peran yang penting dalam pembangunan daerah. Dengan demikian diharapkan paslon yang terpilih dapat memenuhi aspirasi serta kebutuhan mahasiswa sebagai bagian penting dari masyarakat Kota Blitar.

Baca Juga: HMI Lamongan: Pemenang Pilkada Mesti Merangkul Semua

Dan setelah terpilihnya kepala daerah, Puan mengajak mendukungnya untuk bekerja demi kepentingan bersama dan kemajuan Kota Blitar.

"Saya selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisba berharap semoga pelaksanaan Pilwali kota Blitar tahun 2024 dapat berlangsung dengan damai, adil, dan berhasil memilih pemimpin yang dapat memajukan dan mensejahterakan Kota Blitar secara keseluruhan" pungkasnya. (Red)

Editor : arif