rakyatjelata.com skyscraper
rakyatjelata.com skyscraper

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pecinta Alam Jawa Timur Penghijauan Penanaman Bibit Pohon dan Ngaji Bersama

avatar rakyatjelata.com

rakyatjelata.com-Memperingati Hari lingkungan hidup sedunia, 5-juni-2024, Federasi Mountenering Indonesia bekerja sama Forum Ngaji Tani Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan saresehan lingkungan hidup yang bertempat di Embung Talang Abang, Senin (11/6/2024).

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penanaman 100 (seratus) bibit pohon petai di kawasan lahan kritis gunung kelud, terkusus di jalur pendakian gunung Kelud.

Selama dua hari Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Karangrejo kecamatan Garum Kabupaten Blitar pada hari Jum'at dan Sabtu (8-9/6).

Turut mendukung terlaksananya kegiatan ini Sampoerna Rescue, Khatulistiwa USAR dan Lingkungan Hidup dengan menghadirkan para narasumber 1. Ketua LESBUMI PB NU, KH. M. Jadul Maula. dengan tema tema : Budaya Tani Nusantara.

2.Kyai. Ma'sum Ketua LPP MBCNU Kec.Garum, Kyai. Ma'sum, dengan temanya Memperkuat Ketahanan Pangan dengan Metode Integrated Farming.

3.Kyai. Arif Zamroni, Ketua Pokja Perhutanan Sosial Univ. NU Blitar, dengan tema Mengembalikan Kejayaan Kakao di Lereng Kelud.

4.Kyai Sujiono Ketua Ngaji Tani Kab.Blitar, dengan tema Mengembangkan wisata Kelud Berbasis Agrobisnis, dan narasumber terkahir dari Federasi Mountaineering Indonesia Maulana Hidayat, SH dengan tema membangun kesadaran wisata pendakian gunung yang aman dan nyaman.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya penyelamatan sumber-sumber air dengan tanaman yang produktif.

Beberap perangkat Desa dan tokoh masyarakat setempat serta dari beberapa elemen mahasiswa pecinta alam dari Malang, Blitar, Jombang, kota Surabaya, Tulungagung, Kediri serta pegiat lingkungan dan masyarakat peduli lingkungan se-Jawa timur. (Coy)

Editor : hendro