Napi dan Tahanan Kabur Dari Lapas Kelas II B Gunungsitoli Jadi Pertanyaan

oleh -3,543 views

Gunungsitoli, Rakyat Jelata – Warga binaan yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B – Gunungsitoli, Sumatera Utara, Trisman Boys Daely yang divonis 17 Tahun penjara atas kasus pembunuhan, Haris Gulo yang masih berstatus tahanan, menjadi tanda tanya besar publik/netizen.

Pada status facebook Polres Nias dan Jajaran pada hari minggu (31/5), sejumlah netizen memberikan komentarnya terkait peristiwa tersebut, berikut kutipannya; “Permainan petugas kok bisa lari gimana ceritanya.?; “Ada udang di balik batu.; “Ini merupakan satu kelalaian petugas karna ini sudah sekian kalinya narapidana melarikan diri di lapas kota Gunungsitoli,makanya terjadi perbaikan di lapas tersebut.sy rasa pemerintah pusat sdh melakukan kewajibannya dalam pembangunan dan fasilitas di lapas kota Gunungsitoli masalahnya sapa yg jaga dan pada ngapain,karna lapas kota Gunungsitoli tersebut sangat ketat dgn tembok yg menjulang tinggi dan kawat berduri yg belapis lapis sungguh ironis bila hal itu terjadi kemana para petugas jaga yg sudah di percayakan tanggungjawab yg besar kpd mrk. tolong kepada pihak yg terkait untuk memeriksa anggota jaga lapas saat itu apapun alasannya itu tdk masuk di akal. tolong kepada BAPAK PROF. YASONA LAOLI sebagai MENTERI HUKUM DAN HAM untuk segera menindak anggotanya bila perlu yg salah di pecat saja.; “Ada apa di balik ini jd pertanyaan kok bs lari dr penjara yg sudah dijaga ketat gc masuk akal.; “Gk masuk akal ya narapidana bisa lepas padahal pintunya kan berlapis lapis di kunci semua .. jangan jangan ada udang dibalik saku nih 😁😁😁😁; “itu semua kelalai petugas,tidak masuk akal ,koq sampai lolos .😏; “Kok bisa kabur ya ??

Keamanan penjara nya patut dipertanyakan tuh ?; “Petugas lapasnya k mana?
Koq bisa kabur??
Klo emg gk becus menjaga lapas
Mending petugasx d pecat az;”Kok bsa sedangkn LAPAS KelaS ll B Gunungsitoli bangunan baru yg sangat tdik d ragukan tpi Kok bisa lolos mereka ada apa gerangan Saudara…..;”Pengaturan ka Lapas klas II B Gunungsitoli Manajemennya Gimana Ya….???; “jgn jgn dah disuapin penjaganya atau dihipnotis makanya bs melarikan diri hehehehe;. Demikian sebagian komentar netizen yang berhasil dihimpun.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Sutopo Barutu yang dikonfirmasi wartawan, kemarin (31/5) menjelaskan bahwa kedua orang warga binaan tersebut melarikan diri dengan memanjat pagar tralis pembatas blok hunian lapas setinggi 3 meter yang selanjutnya mereka memanjat pos menara 3 dan melompat keluar tembok lapas menggunakan kain sarung pada saat berlangsungnya kegiatan ibadah umat nasrani,” kata Sutopo.

Dijelaskan Sutopo, “personil lapas yang bertugas saat itu hanya 3 orang dari yang seharusnya 5 orang, namun 1 orang petugas sedang sakit dan satunya lagi sedang melaksanakan tugas menjaga warga binaan yang sedang sakit dan dirawat di RSUD Gunungsitoli,” terangnya.

Terpisah, salah seorang aktivis senior, Open Herman Gea, SE yang ditemui wartawan di Kota Gunungsitoli, Senin (1/6) menyatakan bahwa, dalam hal dua orang warga binaan lapas kelas II B-Gunungsitoli telah melarikan diri dari lapas tentu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Kita patut menduga bahwa kejadian ini seperti dikondisikan atau diskenariokan, tidak mungkin secara logika kedua orang tersebut dapat melarikan diri. Sebab penjagaan dilapas Gunungsitoli sangat ketat.

“Gedung lapas kelas II B – Gunungsitoli yang beberapa tahun lalu telah selesai dibangun dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai termasuk CCTV, tidak memungkinkan seorang napi atau tahanan dapat lolos. Sehingga hal ini sangat mengundang perhatian dan pertanyaan mendasar bagi masyarakat” kata Open Herman Gea yang akrab dipanggil Ama Yolan itu kepada wartawan.

Ama Yolan berharap, agar kedua warga binaan yang kabur tersebut dapat segera ditemukan, jika tidak maka diminta kepada Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoli untuk mencopot Kepala Lapas kelas II B – Gunungsitoli yang dianggap belum mampu menjalankan tugasnya dengan optimal, ujarnya tegas (aza)

No More Posts Available.

No more pages to load.