Naik Turun Lembah, Vaksinasi door to door di Banjarsengon

oleh -47 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Program vaksinasi door to door yang dicanangkan Pemkab Jember tidaklah mudah dikerjakan oleh petugas. Seperti yang dialami oleh tim Vaksinator Kelurahan Banjarsengon ini. Mereka harus naik turun lembah dan sawah untuk mencapai sasaran.

Kelurahan Banjarsengon secara topografi berada di daerah ketinggian. Kelurahan yang bernuansa pedesaan itu berada di lereng Gunung Argopuro. Untuk menjangkau penduduk di wilayah satu dengan lainnya butuh tenaga ekstra. Tidak sama dengan daerah padat penduduk di perkotaan.

Lurah Banjarsengon, Abdul Majid Ashari, SE., MM mengabarkan dari lokasi Lingkungan Kebonlor atau lebih dikenal Durenan.

Hari itu Sabtu, (5/2/2022) ia dan tim Vaksinator yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bidan Puskesmas, Staff Kelurahan, Ketua Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) setempat dan Kader Posyandu Alamanda mendatangi sasaran kesana.

Mereka menuruni lembah hingga dasar dan melewati jalan setapak. Lalu naik melewati jembatan dan pematang sawah menuju Kebonlor dan Durenan. Sebenarnya tidak banyak sasaran vaksinasi di sana tetapi bagaimana pun juga warga berhak mendapat layanan gratis dari pemerintah itu.

Dari hasil perjuangan didapatkan 6 lansia dan berhasil divaksinasi. Mereka adalah Sali 67 th, Jatem 89 th, Buaji 71th, Muhammad Nur 89 th, Buramin 72 th dan Adin 64 th. Keenamnya menerima vaksin jenis Astra Zeneca dosis 1.

 

Rute menuju wilayah Durenan

Wilayah Durenan

Durenan bukanlah sebuah dusun atau lingkungan di desa Banjarsengon. Dahulu disana banyak penduduknya namun karena kondisi medan yang sulit dan berat, hanya bisa dengan jalan kaki, lama kelamaan satu persatu penduduknya pindah. Saat ini tinggal 3 Kepala Keluarga saja. Salah satunya Adin. Lurah Majid menceritakan, saat ada kegiatan vaksinasi massal kondisi Adin waktu itu sakit sehingga ia belum divaksin sama sekali.

Menurut penuturan Majid, Adin merasa bersyukur dan senang didatangi perangkat Kelurahan dan divaksin. (Sigit)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.