Yayasan Mataseger Peduli Budaya

oleh -1,146 views

GRESIK,rakyatjelata.com – Gresik terkenal dengan kota santri memilki banyak catatan sejarah, baik masa sebelum majapahit hingga masa keemasan sunan giri. Salah satu komunitas penggiat budaya yang kemudian berkembang menjadi yayasan mata seger. Senen (2/4/18)
Yayasan mata seger yang berdiri sejak tahun 2014 sangat berkonsentrasi terhadap persoalan persoalan budaya di Gresik. Gerakan budaya yang pernah dilakukan adalah Gresik Djadoel. Galery cafe yang diproyesikan menjadi markas yayasan mata seger, menurut kris aji sebagai salah satu penggagas berdirinya yayasan ini.
Kepedulian terhadap kebudayaan di Gresik, Yayasan Masyarakat Pecinta Sejarah Gresik ( Mataseger ) secara kongkrit dan perlahan membangun dengan gerakan wisata budaya, antara lain di situs Nggosari – Panceng, Pulau Mengare – Manyar dan masih banyak yang lainnya merupakan salah satu upaya dari yayasan Mataseger.
Penelitian dan penyelamatan tempat tempat cagar budaya menjadi salah satu fokus gerakan kebudayaan yayasan  mata seger, selain itu terdapat pengembangan ekonomi kreatif, gerakan literasi, serta kajian kajian cagar Budaya.
Hingga hari ini yayasan mata seger sudah melakukan pembinaan kepada 25 pengrajin kecil, Harapan yayasan mataseger kepada pemerintah kabupaten Gresik agar lebih memberdayakan masyarakat dengan penguatan ekonomi kerakyatan bukan hanya sebatas kebutuhan pameran dan exibition saja, namun ada solusi untuk dapat lebih maju dari yang sekarang. (Ali/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.