MAPA : Pembukuan Rekor Baru Dan Pembangunan Fondasi Menuju Masa Depan

oleh -493 views

JAKARTA, Rakyatjelata.com – PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), yang merupakan ritel terkemuka di Indonesia untuk produk-produk olahraga dan gaya hidup, dalam pencapaian industri pada tahun 2018 telah melampaui rekor internal perusahaan.

Pendapatan bersih perusahaan meningkat 23 persen menjadi Rp 6,2 triliun dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp 5,1 triliun. Laba perusahaan melonjak 40 persen menjadi Rp 867 miliar yang sebelumnya sebesar Rp 616 miliar pada tahun 2017. Margin laba bersih, disesuaikan untuk perlakuan akuntansi dari zero-intereat bond dan item lainnya yang mencapai 10,1 persen. Sedangkan laba bersih yang disesuaikan tumbuh 37,9 persen menjadi Rp 631 miliar dari Rp 448 miliar pada tahun 2017.

“Peningkatan yang tinggi dari pendapatan bersih didoeong oleh platform ritel Multi-tier milik MAPA, yang tertuju pada pelanggan dengan segmentasi pasar dari premium mauoun menengah ke bawah, baik secara online maupun offline. Sebagai tambahan, investasi jangka panjang kami dalam proses dan analisa twlah meningkatkan performa merek dan ritel konsep kami,” terang Ratih D.Gianda selaku sekretaris perusahaan MAPA.

Ratih juga menambahkan, “Kami mencapai keseimbangan antara pendapatan dan pertumbuhan masa depan, sambil mempersiapkan fondasi untuk pertumbuhan masa depan Digital dan Vietnam. Tujuan kami adalah untuk dapat mengoptimalkan platform ritel Multi-tier Perusahaan yang unik. Yang lebih penting lagi, kami akan meneruskan misi kami untuk mwnghadirkan kebugaran bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurut data yang di dapat, per bulan Maret 2019, MAPA yang merupakan anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), telah mengoperasikan 1.088 gerai di 74 kota di seluruh Indonesia dan mengelola lebih dari 150 merek, dimana lebih dari 40 diantaranya merupakan merek ekslusif. Tiga lini bisnis utama perusahaan adalah produk Sports, Leisure, dan Kids. MAPA juga memiliki jaringan ritel multi-brand yang telah dipatenkan, termasuk Planet Sports.Asia, Sports Station, The Athlete’s Foit, Golf House, Royal Sporting House, Ogaan, Kidz Station, dan Planet Sport Kids. Saat ini MAPA tercatat sebagai distributor ekslusif merwk-merek unggulan seperti Skechwr, Reebok, New Balance, Clarks dan Lego. Untuk lebih lengkapnya mengenai MAPA bisa mengunjungi www.mapactive.id.

Dari penjelasan mengenai MAPA diatas, Direkai PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (Perseroan) dengan ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahuna (RUPST), di Hotel Ayana Midplaza Jakarta. Rabu (15/05).

Berikut Hasil keputusan dari RUPST melalui 4 dari 6 mata acara :

  • Mata Acara I :
  1. Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018;
  2. Mengesahkan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik “Satrio Bing Eny & Rekan” sebagaimana tercantum dalam laporan Nomor 00107/2.1097/AU.1/05/0558-2/1/III/2019 tanggal 15 Maret 2019 dwngan pendapat “Tanpa Modifikasian”;
  3. Menyetujui Laporan Direksi dan mengesahkan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Peraeroan untuk tahun buku 2018, sebagaimana termaktub dalam Laporan Tahunan Perseroan;
  4. Dengan disetujuinya Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Direksi serta disahkannya Laporan Keuangan Tahunan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2018, maka sesuai dengan ketentuan pasal 17 ayat 3 bahwa anggaran dasar Perseroan diberikan pembebasan tanggungjawab sepenuhnya (acquit et de chargecharge) kepada seluruh anggota Direksi Perseroan atas tindakan pengurusan dan kepada seluruh anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengawasan yang telah mereka jalankan selama tahun buku 2018, sejauh tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan dalam tahun buku 2018.
  • Mata Acara II : Menyetujui untuk tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham Perseroan untuk tahun buku 2018 karena laba bersih Perseroan tersebut masih akan digunakan untuk pengembangan.
  • Mata Acara III :
  1. Menyetujui memberi wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan dengan berdasarkan pertimbangan Komite Audit Perseroan untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif dan bagian lainnya dari Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.
  2. Menyetujui pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan besarnya honorarium bagi kantor Akuntan Publik tersebut serta persyaratan lainnya berkenaan dengan penunjukan tersebut.
  • Mata Acara IV :
  1. Menyetujui untuk mengangkat Ravi Kumar Sreeramulu, Handaka Santosa, dan Sean Gustav Standish Hughes berturut-turut menjadi Direktur, Komisaris, dan Komisaris Independen Perseroan yang baru, yang berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST. Sehingga dengan demikian, terhitung sejak ditutupnya RUPST 2018 sampai dengan penutupan RUPST 2021.
  2. Menyetujui memberi kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menyatakan kembali keputusan yang telah diambil dalam mata acara ke-4 RUPST dalam suatu akta notaris dan selanjutnya memberitahukan kepada Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia dan mendaftarkan pada Daftar Perusahaan, serta untuk melakukan tindakan yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk mata acara V dan VI hanya beesifat laporan, oleh karena itu tidak ada keputusan yang diambil dalam acara ini. (put/tim).