Manfaat Dam parit, Atasi Kekeringan di Desa Tempuran

oleh -1,100 views
KARAWANG, Rakyatjelata.com – Dam- parit sebagai pengatur debit air bisa dikolaborasikan dengan embung yang berfungsi menampung air. kelompok tani mukti dusun Tempuran II desa Tempuran Kecamatan Tempuran kabupaten Karawang sudah  bisa terealisasi di tahun 2018.
Pembangunan DAM parit di jalur sawah ternyata sangat membantu petani untuk mengatur aliran air ke petak sawah.(23/10/2018)
Menurut Tokoh masyarakat atau petani TADA SUHADA bersama rakyat jelata.com,mengatakan “,bahwa fungsi DAM -parit ketika musim kemarau sebagai penahan air irigasi dari pembuang, ketika pasang air laut sebagai penahan air asin.Tetapi dimusim penghujan dimana air berlimpah,  tidak ada wadah untuk menampung air  sehingga terbuang sia sia” pungkasnya
Pembangunan DAM parit yang lebar sungai pembuang lebar 12 meter.Air dimanfaatkan  untuk kurang lebih  85 hektar sawah. Jika ada penambah irigasi tersier maka lebih banyak lagi lahan yang teraliri.
Dia menambahkan, setelah melihat pengunaannya (dam -Parit) belum lama ini, akan lebih maksimal jika  ditambah embung.
Sehingga air yang melimpah di musim penghujan bisa ditampung. Tidak terbuang percuma melewati dam -parit.
“Semoga pembangunan DAM parit. Sebagai persediaan air di saat kemarau ” terangnya.
Perubahaan iklim mengakibatkan banjir dan kekeringan. Kondisi ini menyebabkan resiko usaha pertanian semakin menurun dan sulit diprediksi oleh petani.
“Membangun sistem irigasi seperti dam parit  tentu sangat berguna,” katanya.
Poktan Tani mukti mengatakan”, masyarakat terbantu dengan Dam -parit. Petani bisa ngatur pengairan kesawah. Sebab,  jika tidak diatur maka akan  tergenang.” tukasnya.
Namun sayang, saat musim penghujan, airnya terbuang. Padahal, jika ada embung maka akan  lebih baik lagi.
Camat Tempuran SUWANDI mengatakan jika itu untuk kepentingan dan kemaslahatan orang banyak pemerintah Kecamatan akan memberikan dukungan.
“Kita akan dukung apa lagi untuk kebutuhan orang banyak,” katanya.
Progaram DAM -parit semoga ditahun 2019 bisa lebih maksimal lagi, jadi para  petani bisa merasakan manfaatnya.(Team /red)

No More Posts Available.

No more pages to load.