Makam Keramat Mbah Kambang

oleh -2,710 views
SURABAYA,rakyatjelata.com Sebuah makam yang terletak di kampung Kedung Mangu  Timur Gang 6 Surabaya dapat di bilang sebagai makam yang di keramatkan. Makam tersebut ada sejak lama, namun tidak di ketahui sejak kapan keberadaan makam tersebut berada di lokasi itu. menurut keterangan beberapa sumber, makam ini ada sebelum indonesia merdeka.
Hasil penelusuran yang di dapat oleh tim media saat dilokasi makam yang mempunyai nama asli syech sayyid umar menerangkan berasal dari arab, menurut cerita, syech sayyid umar meninggal dalam keadaan mengambang ketika ditemukan oleh warga setempat. jenazah syech saat itu terbawa arus air karena dahulu kala lokasi sekitar makam adalah rawa. dengan adanya peristiwa itu, masyarakat menyebutnya mbah Kambang. rabu (28/3/18)
Menurut penuturan wanita yang bernama Coqi (70) sebagai juru kunci makam yang sudah sejak lama merawat dan menjaga area makam, adalah generasi ke tiga dari penjaga makam sebelumnya. coqi mengurus makam sejak tahun 1968, pada saat itu wanita ini berusia 20 tahun.
ketika ditanya oleh awak media mengenai keanehan makam mbah Kambang, Coqi menceritakan banyak hal  yang sering terjadi dan sangat di luar nalar akal manusia.
“Pernah dulu ada seseorang yang ingin bersembunyi di sekitar makam karena mempunyai problem di hidupnya, meminta ijin pada Coqi untuk menginap untuk tinggal beberapa waktu di makam. anehnya, saat malam tiba dan ketika orang ini terlelap tidur, tiba tiba orang ini terpental jauh dari makam dan tiba-tiba sudah berada di tengah sawah.”ujar Coqi.
Di satu sisi lain makam mbah Kambang ini juga banyak mendatangkan “Lamat” baik atau yang biasa di sebut petunjuk. Pernah ada suatu ketika ada seorang  berinisial (R) mendapat “Lamat” untuk bersemedi di makam tersebut selama 7 hari. Orang tersebut di tanya akan maksud dan tujuanya oleh Coqi selaku pengurus makam sekaligus juru kunci, orang berinisial (R) itu mengutarakan bahwa derita yang dia alami memiliki banyak hutang hingga tidak mampu untuk membayarnya. Selang beberapa hari setelah dia bertirakat di makam tersebut dia mendapatkan sesuatu yang di luar dugaan, dan saat ini si (R) sudah menjadi orang kaya. setelah di rasa berhasil, orang itu merenovasi makam mbah kambang sebagai wujud terima kasih kepada ALLAH SWT yang telah mendengarkan doanya agar terlepas dari permasalahan terbelit hutang.
Tak lepas dari kekeramatan  makam mbah Kambang, warga sekitar juga menuturkan di sekitar makam banyak ular, namun warga tak ada yang berani membunuh ular tersebut. Menurut kepercayaan warga sekitar, ular tersebut adalah penunggu dari pohon beringin yang berada tepat di samping makam mbah Kambang.
Untuk mengenang sejarah yang ada, makam Mbah Kambang ini sering di penuhi dengan kegiatan pengajian dan tahlilan tiap malam jumat di sekitar makam. (kukuh/red)

No More Posts Available.

No more pages to load.