Kodim 0829 Berikan Sosialisasi Penerimaan SMA 5 Taruna Brawijaya Di SMPN 1 Bangkalan

oleh -10 Dilihat

rakyatjelata.com,BANGKALAN –  Melalui Staf Pers mengadakan kampanye kreatif penerimaan taruna baru SMAN 5 Taruna Brawijaya. Kampanye kreatif tersebut dilaksanakan di ruang Laboratorium IPA SMPN 1 Bangkalan, Jalan Letnan Ramli Bangkalan pada Rabu (09/02/2022).

Salah seorang pemateri dari Staf Pers Kodim 0829, Serka Budi memaparkan bahwa dalam era revolusi industri 4.0 memberi peluang sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan, selain menuntut penguasaan teknologi tinggi juga dibutuhkan kekuatan mental sosial dan kinerja.

“Selain kecakapan hidup yang aplikatif juga karakter dan kepribadaan bangsa yang kuat. Lompatan sosial dan teknologi sudah sangat nyata dirasakan di kehidupan kita. Batas Negara seakan hanya sebagai batas administratif saja, seakan tidak mampu membatasi interaksi dan interkoneksi antar warganegaranya termasuk generasi muda. Fenomena tersebut banyak hal yang positif namun juga tak terelakkan hal yang negatif pun muncul. Degradasi moral ditandai dengan mulai terkikisnya jati dirl bangsa, tingginya angka kenakalan remaja, kurang terikatnya perilaku remaja terhadap nilai atau norma sosial, hingga “kegagapan” sebagian orang tua dalam menjalankan peran asuh terhadap anak. Kehadiran SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur merupakan alternatif jawaban atas problematika degradasi moral tersebut,” Papar Serka Budi di depan siswa – siswi SMPN 1 Bangkalan.

Serka Budi lantas melanjutkan, “Pembiasaan yang baik berbuah hasil yang baik, pendidikan berasrama seperti Akademi Militer, pendidikan pondok pesantren yang dikelola dengan manajemen yang baik dan sekolah-sekolah berasrama lainnya memiliki desain pembiasaan yang sistematis semenjak bangun tidur, sampai tidur lagi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki komitmen daiam penguatan karakter dan bela negara, melalui sekolah unggul berasrama namun biaya tetap terjangkau (karena sebagian besar biaya ditopang oleh APBD Pemerintah Provinsi Jawa Timur). Program unggul Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (selama ini sudah terkenal dengan pengalaman kepengasuhan ketarunaan) merumuskan program pendidikan ketarunaan yang diasramakan di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur.” Sambungnya.

Menurut Serka Budi, SMAN 5 Taruna Brawijaya yang terletak di Jalan Selomangleng No. 2 Kota Kediri, Jawa Timur berkomitmen sebagai sekolah penyelenggara pendidikan yang unggul, menerapkan Kurikulum Nasional 2013, diperkuat dengan kurikulum bela negara, kesamaptaan, berasrama, dengan pengasuhan, pembinaan dan bimbingan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Layanan ini diyakini mampu sebagai persiapan untuk memiliki nilai kompetitif yang tinggi dalam seleksi masuk di Akademi Militer, Perguruan Tinggi Negeri kedinasan maupun nonkedinasan.” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Bangkalan, Akh Anwari menyampaikan bahwa kampanye kreatif atau sosialisasi yang dilaksanakan Kodim 0829 merupakan hal yang luar biasa. “Setiap akhir tahun pelajaran semua sekolah memang promosinya harus gencar. Alhamdulillah SMP 1 untuk SMA Taruna selalu ada pak.” Tuturnya.

Menurut Kepala Sekolah, “Ini langkah yang bagus agar anak atau siswa itu terkemuka hatinya.” Pungkasnya.

 

Reporter : Ida

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.