Kepala Puskesmas Sumbersari Terima Bantuan Alat Ukur Balita di Hadapan Camat

oleh -424 views

JEMBER, www.rakyat jelata. Com – Kepala UPT Puskesmas Sumbersari, dr. Dian A Aliyah, menerima 100 set alat ukur bayi yang diserahkan dihadapan Camat. Penyerahan bantuan itu dilangsungkan di ruang pertemuan lantai 2 Puskesmas, Kamis, (28/7/2022).

Alat ukur itu berupa timbangan digital dan alat ukur tinggi badan micro toys untuk anak usia 0 sampai 59 bulan.

Di bawah koordinasi Puskesmas Sumbersari, ada 97 posyandu di 5 kelurahan. Rata-rata alat ukurnya sudah rusak termakan usia. Kepala UPT Puskesmas merasa terbantu sekali. Apalagi menjelang Bulan Timbang pada Bulan Agustus 2022.

Kepada Wartawan Rakyat Jelata, dr Dian mengatakan, “Di posyandu, ada yang sudah punya ada yang belum. Yang punya pun alatnya tidak terstandar.”

Ia mencontohkan, alat ukur tinggi badan dengan menggunakan medline. Memang bisa tapi hasilnya tidak bisa dipastikan. Sedangkan alat timbang standar Kemenkes masih berupa timbangan gantung. Bayi digantung menggunakan kain (biasanya sarung atau selendang). “Kalau yang itu membutuhkan teknis dan ketelitian,” ungkap dr Dian.

“Sesuai perkembangan zaman dan untuk mempermudah memang lebih baik pakai timbangan tidur atau injak,” terang dokter muda itu.

Timbangan digital tersebut bisa menunjukkan hingga satuan gram sehingga ketepatannya akurat.

Ia menjelaskan, alat ukur tinggi badan, micro toys dan alat timbang digital.

Camat Regar menyaksikan penyerahan bantuan 100 set alat ukur

Sementara itu, Camat Sumbersari, Regar Jeane Delaen Nangka, S.STP., M.Si mengapresiasi bantuan dari Organisasi masyarakat itu.

“Momennya sangat tepat sebab minggu depan, memasuki bulan Agustus, ada program Bulan Timbang dimana petugas kami akan menimbang seluruh balita,” ungkap Regar.

Di wilayahnya ada 2 Puskesmas, Sumbersari dan Gladak Pakem. Di wilayah kerja Gladak Pakem ada 2 Kelurahan sehingga total ada 7 Kelurahan.

Ke 97 Posyandu akan melayani setiap balita. Dan, jika tidak hadir maka petugas akan mendatangi mereka ke rumah-rumah.

Data stunting di Kecamatan Sumbersari hingga berita ini ditayangkan ada sekitar 400-an. “Target kita separuhnya harus sehat,” pungkas Regar.

Ketua DPC AMPI Kabupaten Jember, Rani Aridini, S.Sos bersama istri (dr Lutfi)

Diketahui bahwa hibah 100 set alat ukur berasal dari DPC AMPI Kabupaten Jember. Rani Adirini, S.Sos, Ketuanya, mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian organisasi masyarakat (underbouw Golkar) kepada warga Sumbersari.

Sebelumnya juga pernah diberikan bantuan alat oksigen kepada Puskesmas Sumbersari. Rani yang juga sebagai wakil ketua Partai Golkar Dapil 3 itu mempunyai kedekatan emosional dengan Puskesmas Sumbersari.

Ke depan ia berharap ada kesempatan berkontribusi lagi untuk warga Kecamatan Sumbersari.

(Sigit)

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.