Kapling Perdana, Kalisat Pelayanan Keliling Diserbu Warga

oleh -32 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Satu lagi inovasi dari Kecamatan Kalisat yang terbaru hadir di tengah masyarakat. Namanya Kalisat Pelayanan Keliling atau disingkat Kapling. Model pelayanan jemput bola dengan mendatangi warga masyarakat itu disambut antusias. Terbukti warga berbondong-bondong mendatangi Kapling yang di parkir di halaman rumah Aryati di RT 001 RW 009 Dusun Prasean I Desa Glagahwero. Kapling perdana dibuka sejak pukul 07:30 hingga 11:00 WIB.

Camat Kalisat, Regar Jeane Dealen Nangka, S.STP, M.Si menyampaikan, ide munculnya Kapling dilatarbelakangi rendahnya kesadaran akan pentingnya data-data kependudukan.

“Kami mencoba dengan mendatangi warga sambil membawa berbagai pelayanan, tidak hanya Adminduk,” ucap Regar, Rabu, (2/1/2022)

Pelayanan Posyandu juga dibawa serta di Kapling. “Tim Posyandu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan balita dan lansia namun juga konseling dan sosialisasi terpadu dari instansi jajaran samping,” katanya penuh semangat.

Kapling juga menjadi sarana efektif dalam mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting.

Tim Kapling merupakan gabungan dari berbagai unsur layanan meliputi, PKK, Ketua RT dan RW, Bidan Desa, Kader Posyandu, Petugas DP3AKB, Modin, hingga PPL.

Kalisat Pelayanan Keliling (Kapling) edisi perdana

Di akhir kegiatan Regar menyampaikan capaian pelayanan KAPLING edisi perdana. Layanan Adminduk meliputi, revisi dan tambah anggota Kartu Keluarga sebanyak 31 berkas, revisi dan Ktp hilang sebanyak 14 kartu, revisi akte kelahiran 18 lembar, revisi Kartu Identitas Anak sebanyak 26 kartu. Total 89 berkas pengajuan diterima.

Sementara pelayanan Adminduk di kantor Kecamatan tetap berlangsung. Pada hari yang sama ada perekaman E-KTP, Revisi, Hilang, perpanjang suket sejumlah 14 orang, revisi KK dan tambah anggota sejumlah 5 berkas revisi akte kelahiran 2 berkas, revisi KIA sejumlah 2 kartu dan 2 surat pindah. Total 25 pengajuan diterima di Kantor Kecamatan.

Diharapkan inovasi Kapling benar-benar bekerja efektif dan menyentuh masyarakat yang tidak terlayani selama ini. (Sigit)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.