Jempol Disko Dukcapil Jember Go to MAN 2

oleh -62 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember dengan Program Jempol Disko melaksanakan perekaman e-KTP di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember, Jum’at, (18/2/2022).

Jempol Disko, kepanjangan dari Jemput Bola di Sekolah, adalah program perekaman e-KTP bagi masyarakat yang baru pertama kali mengurus data kependudukan.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk di Dispendukcapil, Dra. Ani Setyaningsih, M.Si, program Jempol Disko diadakan setiap minggu sekali.

“Kita mengharapkan semua masyarakat Jember mempunyai identitas diri yaitu minimal e-KTP,” ucap Ani sapaannya saat diwawancarai di ruang kepala sekolah MAN 2.

Jempol Disko dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jum’at di tiap minggunya, berpindah-pindah dari sekolah ke sekolah baik SMA, SMK dan MAN.

“Perekaman bisa dimulai usia enam belas lebih enam bulan (16 tahun 6 bulan). Kalau dulu diatas tujuh belas tahun,” jelas Ani. Siswa bisa mendapatkan layanan perekaman dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga.

Sedangkan untuk pencetakan menunggu usia 17 tahun. Artinya siswa direkam dahulu nanti setelah jatuh tempo usia 17 tahun akan dicetakkan e-KTP.

Menurut Ani ketersediaan blanko kartu e-KTP saat ini sangat terbatas (se-Indonesia) sehingga tidak semua permohonan bisa langsung dicetak. “Untuk pencetakan kita prioritaskan yang emergency,” katanya dengan nada meminta maaf.

Salah satu siswa sedang mengikuti perekaman e-KTP

Untuk pendistribusian kartu akan dilewatkan ke Kantor Kecamatan masing-masing siswa dimana mereka berdomisili. Pihak sekolah akan diberitahukan oleh Dispendukcapil jika nanti sudah selesai dicetak.

Ani memberi catatan yang boleh mengambil e-KTP hanya pihak keluarga (orang yang berada dalam 1 KK).

Kepala Sekolah MAN 2, Ridwan bersama Kabid Dafduk, Ani Setyaningsih

Sementara itu Kepala Sekolah MAN 2, Ridwan mengaku senang dan berterima kasih kepada Dispendukcapil. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Dispenduk karena jemput bola. Lalu saya tangkap bola itu dan dilaksanakan hari ini,” ucap Ridwan.

MAN 2 tercatat memiliki 1.165 siswa. Berdasarkan undangan Dispenduk mereka yang kelahiran minimal Bulan Desember 2005 boleh ikut perekaman. Pihak sekolah menerima 153 data siswa untuk perekaman hari itu.

Menurut penuturan Ridwan respon siswa sangat antusias ketika mendengar ada perekaman e-KTP di sekolahnya. “Responnya baik sekali karena mereka sangat berharap memiliki e-KTP,” Ridwan menjawab Wartawan.

Pelayanan Jempol Disko dirasakan sangat membantu dan memudahkan masyarakat terutama warga pemula yang akan memiliki e-KTP. Ketika perekaman itu siswa MAN 2 Jember sebenarnya dalam proses pembelajaran daring. Tetapi mereka penuh antusias datang ke sekolah untuk mengikuti perekaman. (Sigit)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.