Jember Kandidat Juara Asman Toga dan Akupresur Tingkat Provinsi

oleh -396 views

JEMBER, www.rakyatjelata.com – Kabupaten Jember menjadi kandidat juara dalam Penilaian Asman Toga dan Akupresur di tingkat Provinsi. Jember lolos secara administrasi bersama 5 kabupaten lain, yakni dari kabupaten Bojonegoro, kabupaten Jombang, kabupaten Lamongan, kabupaten Pasuruan dan kabupaten Sidoarjo.

Tim penilai lintas sektoral dari Provinsi Jawa Timur datang ke Jember dalam rangka melihat dan menilai secara langsung (faktual) ke kelompok, desa, kecamatan yang diikutsertakan. Sebelumnya mereka diterima oleh Bupati dan wakil Bupati Jember, Hendy-Firjaun, di pendopo Wahyawibawagraha, Jum’at, (29/7/2022).

Seperti diketahui, Asuhan mandiri (Asman) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan Toga (taman obat keluarga).

Pada masa pandemi Covid-19 tanaman obat herbal terbukti mampu menjadi penawar manjur. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menginisiasi acara lomba Asman pemanfaatan Toga dan Akupresur yang diikuti 38 kabupaten.

Foto Bupati dan wakil Bupati Jember bersama tim penilai Toga dan Akupresur Jawa Timur

Dalam keterangan pers, Bupati Jember, Ir Hendy Siswanto, ST.,IPU mengatakan, kabupaten Jember masuk 6 besar di Jawa Timur.

“Setahun lebih kita menghimbau dan mengedukasi masyarakat untuk menanam tanaman obat untuk jamu untuk kesehatan keluarga,” ucap Bupati Jember.

Tidak itu saja, Dinas Kesehatan juga mendorong masyarakat mengembangkan produk turunan dari tanaman obat itu yakni menjadi jamu kesehatan.

Bupati Hendy menyambut hangat tim penilai dari Surabaya dan mendukung penuh. Bahkan ia berharap agar tim dapat memberikan masukan-masukan agar gerakan menanam Toga semakin masif.

Masyarakat Jember dihimbau tidak usah kuatir ketika mereka menanam Toga. Sebab hasilnya selain buat konsumsi sendiri juga bisa dijual. Jika setiap rumah menanam Toga naka jumlahnya berton-ton.

“Kita ada kemitraan, jangan kuatir tanaman obat itu tidak sulit menjualnya,” pungkas Hendy.

Ketua tim penilai, Cicik Suyantika berdiri di samping kiri Bupati Hendy

Sementara itu, ketua tim penilai, Cicik Suyantika, mengatakan, penilaian meliputi beberapa faktor.

“Mulai dari kebijakan Bupati, di tingkat kecamatan kita juga nilai pak Camat dan PKK-nya, di desa juga sama hingga ke kelompok,” ungkap Cicik kepada awak media Rakyat Jelata.

Pemenang Asma Toga dan Akrepresur adalah suatu daerah yang sudah terstruktur (dari Bupati sampai bawah) sudah mempunyai komitmen untuk mengembangkan Asman Toga dan Akupresur, jelas Cicik.

Dalam kebijakan di tingkat Pemkab melibatkan minimal 5 kantor dinas (sektor) atau OPD. Kabupaten Jember dalam tahun anggaran 2021 sudah dianggarkan 700 juta untuk pengembangan tananam obat dan Akupresur itu.

Pada penilaian itu, Tim akan mendatangi satu kelompok, desa dan kecamatan di mana kelompok itu berada.

Kabupaten Jember diwakilkan oleh kelompok Folium II di Kelurahan Mangli, binaan Puskesmas Mangli) di wilayah kecamatan Kaliwates. Kelompok Asman Folium II sebagai juara pertama lomba Asman Toga dan Akupresur tingkat Kabupaten Jember tahun 2021.

(Sigit)

No More Posts Available.

No more pages to load.