Menteri Hukum Dan HAM RI Yasonna Laoly Bersama Warga Langkat, Tanam 2.000 Bibit Mangrove

oleh -692 views
Kegiatan Penanaman Pohon Mangorove di Dusun VI Desa Slotong Kecamatan Secanggang, Langkat.

Langkat, Rakyatjelata.com – Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly secara langsung menghadiri kegiatan penanaman bibit pohon Mangrove serentak, yang bertemakan ” Perempuan Peduli Mangrove”.

Acara penanaman bibit mangrove itu, dilakukan diareal kawasan lahan Mangrove, yang berada di Dusun VI Desa Selotong Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tepatnya di Wilayah Kawasan BKSD SM Karang Gading/ Langkat Timur laut, Senin (11/3).

Yasona bersama rombongan datang kelokasi kegiatan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi, untuk melakukan penanam serentak 2.000 pohon Mangrove.


Yasonna Laoly pada kesempatan tersebut, mewakili Ibu Presiden RI, menyampaikan, bahwa digelarnya kegiatan ini yang bertema Perempuan Peduli Mangrove. Dan hal ini bentuk dari kepedulian dan perhatian ibu Presiden yang sangat besar, untuk menjaga kelestarian hutan Mangrove dan ekosistem yang berada di Kabupaten Langkat, khususnya di Dusun VI Desa Slotong ini.

Beliau juga mengajak peran aktif kaum wanita, agar bersama-sama menjaga Magrove. “Jadi yang mendasari dilakukan kegiatan ini, rasa kekwatiran atas kerusakan iklim laut dan maraknya abrasi,” ungkapnya.

Untuk itu, Yasonna mengajak semuanya, untuk bersama menjaga hutan Mangrove, sebab fungsi hutan Mangrove sangat besar manfaatnya bagi kehidupan semua makhluk.

Seperti menjaga biota laut, menahan abrasi laut, serta dapat meningkatkan pendapatan warga setempat dengan pariwisatanya.


“ Semua elemen harus peduli mangrove, agar lahan dan iklim tetap bersahabat dengan manusia, saya juga memohon kepada para petani dan nelayan untuk saling menjaga dan melestarikan hutan Mangrove, di wilayah BKSDA SM Karang Gading, tepatnya di Dusun VI Desa Slotong ini, dan tidak terkecuali juga bagi kaum wanita,” pungkasnya.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Asisten II Drs.Hermansyah, dikesempatan sama, atas nama Pemkab Langkat dan seluruh lapisan masyarakat Langkat, mengucapkan terima kasih atas perhatian Ibu Yasonna Laouly yang telah memberikan perhatiannya, untuk menjaga kelestarian hutan Mangrove di wilayah Kabupaten Langkat.

“Demi kepentingan masa depan dan kelestarian hutan Mangrove ini, hal ini dilakukan Ibu Yasonna. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih, atas kepeduliannya,”sebutnya.

Sembari menambahkan, semoga kedatangan Ibu Yasonna Laouly dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat Langkat, dalam menjaga hutan Mangrove.

Sebanyak 200 pohon Mangrove, ditanam secara simbolis oleh Ibu Yasonna dan dikuti oleh Ibu Ketua Pembina Persit PD I Dam I/BB, Ibu Kosekhanudnas I Polonia, Ibu Dandim 0203/Lkt, Ibu Sekjen KLHK, Ibu Pangdam I/BB Ketua PD I, Ibu Gubernur Sumut Ny Edi Rahmayadi, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf. Syamsul Alam SE.

Kadis Pertanian Kab. Langkat Nasrudin, SP, Staf Ahli Bidang SDM Amir Hamzah, Waster Kasdam I/BB Letkol Inf Azhari, Wakil Ketua penggerak PKK Kab. Langkat, Kadis LHK Pemkab. Langkat Iskandar Tarigan, Pegawai LHK Sumut, Ibu Persit Kodim 0203/Lkt, Personil TNI, personil Kodim 0203/Lkt, Yonif 100/R, Yon Arhse 11/BS, Yon 8 Marinir dan Yon Paskhas, masyarakat dan nelayan 200 orang, serta para pelajar dan pramuka dari SMA I Secanggang.

Selebihnya bibit pohon Mangrove, diberikan kepada Petani dan Nelayan Dusun VI Desa Slotong Kecamatan Secanggang, untuk ditanam keseluruhanya.

Reporter : Reza
Editor      : Bayu