Groen Ecological Safari 2019 Groenovation : Be Electric, Be Efficient

oleh -1.460 views

Surabaya, Rakyat Jelata.com – Sabtu, (26/04/2019), Masalah lingkungan akhir-akhir ini semakin menjadi perhatian seluruh negara di dunia. Mulai dari pembatasan penggunaan plastik, gerakan pembersihan laut hingga penggunaan kendaraan elektrik dilakukan masyarakat umum sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan secara tepat.

Berkaitan dengan masalah lingkungan ini, bagi pemerintah di setiap negara, masalah sampah menjadi masalah yang sangat krusial dan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pemimpin daerah dalam mengelola daerahnya.

Dengan semakin tingginya populasi di suatu daerah, sampah yang dihasilkan pun semakin banyak dan kewajiban pemerintah dalam hal pemeliharaan lingkungan pun semakin banyak.
Di sisi lain, pada perkembangan era industri 4.0 ini, dimana semua berjalan serba cepat, pemerintah juga dituntut untuk mampu mengatasi masalah sampah dan lingkungan hidup dengan cepat dan effisien juga.


Sebagai wujud jawaban akan permasalahan tersebut, PT. Groen Indonesia hadir sebagai solution provider bagi pemerintah daerah dan juga rekan-rekan di Dinas Lingkungan Hidup se-Indonesia.
PT. Groen Indonesia yang berdiri sejak tahun 2006 berfokus pada Environmental Service Industry dan telah berpartner dengan beberapa daerah di seluruh Indonesia dalam pengelolaan lingkungan.

Setiap tahun, PT. Groen Indonesia mengadakan Groen Ecological Safari (GES) yang merupakan acara yang khusus diadakan sebagai sarana pengenalan informasi dan edukasi bagi pemerintah daerah dan juga Dinas Lingkungan Hidup seluruh Indonesia.
Dalam setiap kegiatan GES, PT. Groen Indonesia berusaha untuk selalu memberikan informasi terbaru tentang trend pengelolaan lingkungan yang terjadi di dunia, sehingga Indonesia pun tidak ketinggalan dari negara2 lain dalam pelestarian lingkungan.

GES tahun 2019 yang diadakan di Surabaya kali ini dihadiri lebih dari 80 peserta delegasi perwakilan dari sedikitnya 30 Dinas Lingkungan Hidup seluruh Indonesia, wakil Istana Negara, para vendor dan partner PT. GROEN Indonesia dari dalam maupun luar negeri turut ambil bagian untuk saling berbagi informasi mengenai hal-hal yang diperlukan untuk membantu pemerintah khususnya dalam penanganan masalah lingkungan.

Rangkaian acara GES pada tahun 2019 ini akan dibuka dengan perkenalan dari PT. Groen Indonesia beserta vendor dan partner dari mancanegara pada tanggal 26 April 2019, dilanjutkan dengan demo mesin pada tanggal 27 April 2019, yang dilanjutkan dengan diskusi para wakil dari DLH seluruh Indonesia dengan pihak PT. Groen Indonesia dan partners.

Setelah makan siang, para tamu undangan akan dibawa berkeliling Surabaya untuk melakukan studi banding tentang bagaimana kota Surabaya mengelola lingkungan sehingga bisa mendapatkan banyak penghargaan seperti yang sudah kita ketahui selama ini.

Setelah itu, PT. Groen Indonesia akan mengajak para tamu undangan untuk melakukan program CSR yang berupa penanaman 300 pohon pelindung, yang akan dilakukan secara simbolis di Taman Harmony, Jalan Keputih Surabaya yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini.

Tema yang diusung PT. Groen kali ini adalah Be Electric, Be Efficient, hal ini dikarenakan PT. Groen sangat mendukung terciptanya Zero Emission World, seiring dengan pemikiran banyak pemimpin besar dunia. Penggunaan Electric equipments merupakan salah satu solusi untuk pengurangan polusi udara dan juga penghematan energi.

Di banyak negara di dunia, pemerintah sudah mulai men-support gerakan zero emission ini dengan men-subsidi kendaraan-kendaraan listrik, bukan hanya untuk penumpang, tapi juga kendaraan-kendaraan seperti compactor sampah, penyapu jalan (sweeper) dan lain sebagainya.

Acara Groen Ecological Safari ini merupakan sumbangsih PT. Groen Indonesia terhadap masyarakat Indonesia dan diharapkan bisa membuat pemerintah Indonesia dapat lebih semakin maju dan berkembang dalam mengelola lingkungan di seluruh Indonesia

PT. Groen Indonesia didirikan pada tahun 2006 untuk melayani kebutuhan pemerintah daerah di Jawa Timur, khususnya di Surabaya. Seiring berjalannya waktu, di tahun 2013 berdirilah PT. Sewatoilet Indonesia yang menghadirkan solusi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penyewaan toilet portable yang representatif.

Di tahun 2014, hadirlah PT. Rekso Ratan Indonesia yang berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan pasar akan jasa Outdoor Cleaning Contractor dengan mampu menyediakan solusi total bagi pemerintah maupun swasta dalam bidang waste management.

Guna menjamin terjaganya standard mutu bagi perusahaan-perusahaan ini, maka pada tahun 2018, PT. Mazabuta Alt Corporindo (MACR) pun di bentuk untuk menaungi perusahaan-perusahaan seperti yang tersebut di atas. Dan di perjalanan ke depannya, MACR memiliki visi untuk menjadi global key player dalam environmental business dengan berkontribusi dalam perbaikan kualitas hidup manusia.

Saat ini, PT. Groen telah berpartner dengan berbagai macam perusahaan kelas dunia seperti Daimler Mercedes Benz, PT. Astra International Tbk, Capellotto S.p.A dan Tennax (Italy), Fulongma (China), Trilo (Belanda), Contenur (Spanyol), Ramky (Singapore) dan masih banyak lagi yang lain. Semua brand kenamaan tersebut sudah dikenal di seluruh dunia dan memiliki standard yang tinggi, sehingga kualitas dari PT. Groen Indonesia pun bisa dipastikan terjamin.