Forum Merdeka Barat 9 : Akselerasi Lewat NextICorn

oleh -520 views

JAKARTA, RakyatJelata.com –¬†Pemerintah melalui Kementerian Kominfo menemukan jalan tengah untuk mengisi ‘kekosomgan’ dalam industri digital dengan melakukan Program Next Indonesian Unicorn (NextICorn).

“Program ini membantu para Unicorn untuk mendapatkan pendanaan dan menjembatani mereka dengan investor Seri B. Pemerintah Indonesia juga mempertimbangkan pertumbuhan industri game di Indonesia, mengingat ada 43 juta pemain di Indonesia saat ini. Di tahun 2017, pemasukan dari games digital meraih miliaran dollar. Kami bahkan sekarang memiliki sejumlah liga gaming nasional,” jelas Rudiantara.

Menurutnya, manusia berubah, negara pun berubah. Cara orang menjalankan bisnis dan rutinitas keseharian juga berubah. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo juga menyesuaikan perubahan dari pengatur menjadi fasilitator dan akseletator.

“Indonesia terus beradaptasi dengan regulasi terstandart global dan terus bergerak menjadi masyarakat global. Pemerintah optimis dengan sejumlah langkah strategis ini, Indonesia dapat menjadi pemimpin ekonomi digital di ASEAN,” ungkapnya.

Mengenai upaya untuk menarik investor, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyatakan keseriusan Pemerintah Indonesia dalam memfasilitasi para Investor. Bahkan, Thomas Lembong menyatakan optimisme Presiden RI Joko Widodo atas perkembangan ekonomi digital Indonesia.

“Presiden Jokowi percaya bahwa ekonomi digital akan menjadi sarana lompatan besar untuk Indonesia. Ia mendukung 100 persen penembangannya karena beliaupun juga seorang pemimpin yang melek teknologi,” ujarnya.

Sebagai informasi, peta jalan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik (roadmap e-commerce) ditetapkan berdasarkan Perpres Nomor 74 Tahun 2017. Peta jalan e-commerce di Indonesia merupakan bagian dari Paket Kebijakan Ekonomi XIV yang mencakup program pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia (SDM), Infrastruktur komunikasi, keamanan siber serta pembentukan manajemen pelaksana. (putri).