DPRD Kabupaten Trenggalek Gelar Rapat Kerja Komisi

oleh -42 views

Trenggalek Rakyat jelata.com 

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Trenggalek menggelar rapat kerja bersama pimpinan komisi dalam rangka pembahasan APBD tahun 2021.

“Hari ini rapat kerja dengan pimpinan komisi, menyikapi hasil pembahasan di masing-masing komisi. Yang selanjutnya dilaporkan ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD terkait APBD tahun 2021,” ucap Ketua Banggar yang sekaligus Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam saat dikonfirmasi usai rapat, Kamis (19/11/2020) siang.

Usai rapat dengan pimpinan komisi beserta anggota, hasil rapat kali ini juga menjadi bahan untuk rapat lanjutan antara Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Trenggalek.

“Seperti yang disampaikan dalam rapat tadi, persoalan-persoalan dari masing-masing komisi misalnya Komisi 1 adalah terkait anggaran yang belum tercover dalam kegiatan Diklat, jadi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diterima, perlu adanya pembekalan (Calon Pegawai),” imbuhnya.

Lebih lanjut Samsul mengungkapkan, anggaran yang ada masih tercover sekitar Rp 1 miliar. Dan itupun masih kurang menjangkau 400 PNS untuk kegiatan Diklat.

Selanjutnya terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang perlu ditingkatkan. Terlebih situasi seperti ini, memang perlu ada kajian yang mendalam. “Apakah PAD ini masih bisa digenjot atau tidak. Karena asumsi kita di tahun 2021, bisa naik Rp 260 miliar dari nilai pendapatan sebelumnya Rp 120 miliar,” terang politisi Partai PKB ini.

Disinggung terkait fokus APBD di tahun 2021, Samsul menyebut akan lebih mengutamakan pada penguatan ekonomi kerakyatan pasca pandemi Covid-19.

“Fokus kita pada penguatan ekonomi kerakyatan pasca pandemi Covid-19. Dan juga program-program kegiatan yang kemarin terpaksa dihentikan karena refocusing anggaran. Utamanya pada sektor infrastruktur yang dianggarkan kembali di tahun 2021,” pungkasnya. (novi)