Diskusi Literasi ramaikan Bazar UKM Jurnalistik Al-Qalam UMMA

oleh -929 views

MAKASSAR, Rakyatjelata – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Al-Qalam Universitas Muslim Maros (UMMA) menggelar bazar perdananya di Warkop 97, Kec. Lau, Maros (Minggu, 08/09/2019).

Sedikit berbeda dengan Bazar yang pernah diadakan oleh UKM/Organisasi lain, UKM Jurnalistik Al-Qalam UMMA menghadirkan sesi diskusi yang didalamnya mengangkat tema Literasi.

Diskusi Literasi (DIKSI) ini mengangkat tema “Apa Kabar Literasi Mahasiswa UMMA Hari Ini?” dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I UMMA, Muhammad Nur Jaya, S.Sos., M.Si. serta beberapa perwakilan ketua HMPS yang ada di ruang lingkup kampus UMMA.

Narasumber sekaligus pemantik dari Diskusi Literasi ini terdiri dari akademisi maupun aktivis literasi di Kab. Maros seperti Ketua Salewangang Institute, Fitrawahyudi, S.Pd., M.Hum. ada juga Pegiat Seni dan Literasi, Syamsul Bakhtiar Assegaf, S.E., M.M. dan akademisi yakni, Ramli, S.Pd., M.Hum.

Wakil Rektor UMMA, Nur Jaya menyambut baik adanya UKM Jurnalistik di kampus Universitas Muslim Maros. “Lembaga ini diibaratkan sebuah mesin yang akan membawa kita ke pulau harapan yang diinginkan” tegasnya.

Sama seperti Wakil Rektor UMMA, ketiga pemantik yang hadir juga menanggapi positif kepada UKM yang dibentuk pada Ramadan lalu ini.

Diskusi ini dipandu oleh moderator yang juga merupakan salah satu anggota UKM Jurnalistik yaitu Idul Adha. Diisi dengan sesi berbagi pemahaman dalam dunia literasi kampus, seni maupun agama.

Dengan adanya Diskusi Literasi ini, diharapkan dapat mengaktifkan kembali apa yang selama ini menjadi suara dari keinginan mahasiswa, khususnya dalam bidang literasi atau penulisan maupun narasi yang ada di tataran lembaga-lembaga kampus Universitas Muslim Maros.

UKM Jurnalistik Al-Qalam UMMA ini sendiri dibentuk untuk menuangkan segala aspirasi mahasiswa Universitas Muslim Maros dalam bidang Literasi dan Jurnalistik, yang mana akan melangsungkan Pelantikan Pengurus pada 15 September mendatang.

Laporan: Pers UKM Jurnalistik Al-Qalam Universitas Muslim Maros.