Dampingi Pelaksanaan Posyandu, Wujud Kepedulian Babinsa Kebomas Cegah Stunting

oleh -82 Dilihat

GRESIK,rakyatjelata.com –  Serda Muhlisin selaku Babinsa Koramil 0817/07 Kebomas, melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di Balai Rw 9 Kelurahan Singosari Kec. Kebomas Kab. Gresik guna pencegahan Stunting yang dilakukan oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kebomas. Pada Jumat(16/12/2022).

Kegiatan kali ini dilakukan secara rutin dalam rangka mendukung upaya Pemerintah dalam pencegahan stunting dengan memberikan pelayanan kesehatan Posyandu terhadap Anak-Anak Balita sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Stunting itu sendiri merupakan keadaan tubuh yang sangat pendek, atau dalam bahasa jawa disebut kuntet, Stunting dapat terjadi sebagai akibat adanya kekurangan gizi pada Anak Balita.

Salah satu cara dalam pencegahan Stunting yaitu pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan terhadap Ibu hamil dan Balita harus benar-benar di utamakan dan selalu diperhatikan dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dengan memantau tabel jadwal yang telah dibagi masing-masing perorangan.

Serda Muhlisin mengatakan, “Kebanyakan Masyarakat pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya pada anak-anak dipengaruhi oleh faktor keturunan, padahal dalam pertumbuhan fisik anak-anak juga lebih berpengaruh pada kurangnya asupan gizi, pelayanan kesehatan hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan pada Balita, antara lain penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut dan kepala serta pemberian makanan atau gizi tambahan.”tuturnya.

“Upaya pencegahan seperti ini sangat diperlukan karena mengingat stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa kelak, sehingga dalam pencegahan stunting harus lebih diutamakan dengan pemberian asupan gizi yang cukup.”jelasnya.

Serda Muhlisin juga sangat mengharapkan kepada para Orang tua yang memiliki balita agar selalu rajin untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di Posyandu sesuai jadwal yang diberikan oleh Bidan Desa Kambingan, agar pertumbuhan dan kesehatan pada Anak Balita bisa terpantau sehingga dapat terhindar dari stunting.

Tambahnya, “Dalam pendampingan kali ini saya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk tetap menerapkan pola hidup sehat sesuai Protokol Kesehatan, karena Virus Covid-19 sampai saat ini masih ada dan masih membahayakan nyawa, jadi saya harap seluruh masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.”pungkasnya. ([email protected]/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.