Dalam Paparannya Sebagai Narasumber Program Ketahanan Pangan, Kades Wadas Minta Pemkab Karawang Support Program Demplot

oleh -108 views

KARAWANG,rakyatjelata.com Agenda sosialisasi program Ketahanan Pangan yang digagas oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0604 Karawang bersama Lembaga Pertahanan Pangan Mandiri (LPPM) pada 13 Mei 2022, yang berlokasi di RT 03 RW 04, Dusun Wadas, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Karawang, H. Hanafi Chaniago, dalam sambutannya yang singkat, Kadistan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0604 Karawang, LPPM selaku penggagas dan Kepala Desa (Kades Wadas) sebagai selaku narasumber acara.

Sementara itu, H. Junaedi Kades Wadas sebagai narasumber dari program sosialisasi tersebut, dirinya merasa yakin dan bersyukur dengan tumbuh suburnya tanaman padi Demplot yang digagas pak Dandim 0604 Karawang.

“Jika melihat tanaman padi ini kami merasa bersyukur dan puas atas tumbuh kembangnya padi dari program Demplot. Karena tidak biasanya tumbuh lebat dan tumbuh kembangnya lebih cepat,” Kata H. Junaedi kepada kalangan awak media, Jum’at (13/5/2022).

Sebagai pengelola dilahan 7 hektar, Jujun sapaan akrabnya, mengaku hasil dari tanaman padi benih Kartika akan sangat menguntungkan disawahnya. Sehingga ia berharap, program Demplot ini bisa terus dikembangkan dan berkembang di Kabupaten Karawang. Agar masyarakat petani bisa merasakan untung.

“Biaya sangat irit, pohon padinya lebih baik dan lebih lebat, dengan pertumbuhan ini yakin hanya butuh waktu 75 hari dari mulai tanam sampai panen,” Ucapnya.

Kendati demikian Junaedi juga mengungkapakan adanya kendala masih ada buah padi yang masih hijau karena tanam tambal sulam akibat hama dan kurangnya tenaga kerja.

“Kekurangan tenaga kerja dilahan 7 hektar ini juga jadi kendala, banyak rumput dan hama keong yang jadi masalah tanaman padi, jadi kurang maksimal,” Tutur Junaedi.

Diakhir statmennya Junaedi berharap dengan hadirnya Demplot Kodim 0604 Karawang terus berkelanjutan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus mendukung penuh.

“Jangan sampai menyulitkan petani diantaranya langka dan mahalnya harga pupuk, obat dan harganya harus stabil, Pemda melalui Distan dan Bulog harus bisa menanggulangi dan tindak adanya permainan tengkulak,” Tutupnya.

Masih ditempat yang sama, Dandim 0604 Karawang, Letkol (Kav) Makhdum Habiburrahman menjelaskan, bahwa tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain menjaga Ketahanan Negara, juga memiliki kewajiban untuk menumbuh kembangkan serta meningkatkan produksi pangan.

“Dalam hal ini, saya secara pribadi mau pun lembaga kesatuan, bukan bermaksud untuk sekedar mencari eksistensi. Tapi, kehadiran saya di Karawang yang merupakan amanat Negara, harus dapat bermanfaat untuk masyarakat. Meski pun secara kuantitas masih sangat kecil,” Singkatnya.

Reporter @di

 

No More Posts Available.

No more pages to load.