Burung, Sebagai Simbol Cinta.

oleh -819 views

Oleh Mappajarungi Manan
Seluruh dunia, ada burung. Burung, adalah sahabat manusia. Ada juga musuh manusia. Burung, lebih banyak dicintai, walau jadi musuh bisa disayangi. Seperti burung pipit yang jadi musuh petani. dan burung menjadi simbol cinta.
Burung itu, di dunia ini beraneka ragam. Dari yang tercantik, seperti burung cendrawasih, merak hingga burung hantu dan setan.. sangat bermanfaat bagi manusia.
Waktu kecil, saya banyak punya burung. Burung pipit. Juga pelihara burung tekukur dan burung nuri. Sampai kini saya punya burung. “Burung” abadi.
Burung, selalu dijadikan simbol, simbol perdamaian, simbol negeri dan simbol kasih sayang. Simbol cinta itu, dari burung merpati. Ingat saja kata: Merpati tak pernah ingkar janji. Jadi ingat, jika cintanya tak ditepati, itu bukan jenis cinta merpati, tapi cinta burung hantu!

 
Burung, selalu dijadikan sumber informasi. Tapi, zaman now jadi negatif yaitu: kabar burung. Padahal, sebenarnya informasi dari burung bisa akurat.
Waktu kecil, saat liburan di kampung Mualla di Wajo. Kakek yang hanya imam kampung, sering jadikan burung sebagai rujukan informasi.
Misalnya: akan ada tamu dari Kota Sengkang atau Makassar, maka burung “cakkuridi” bertenggger di depan rumah sambil bersiul. Tak cukup dua hari tamu itu tiba.
Kabar dari burung tak pernah meleset. Misalnya, gunung akan longsor atau akan terjadi letusan, maka burung burung pula yang lebih awal “mengabari” manusia. Kemudian menyusul binatang lain.
Musibah Tsunami Aceh. Satu Kompi tentara dikabarkan akan berlayar. Tapi komandan tentara melihat burung berterbangan kacau balau di pantai, ia batalkan dan selamatlah satu kompi dari tentara itu.
Ingatlah tentara Abrahah, ketika akan berangkat menghancurkan kabbah, ia sempat dihalau oleh burung. Tapi pasukannya bandel, mereka memanah burung itu. Tetap berangkat, tak peduli oleh peringatan sang burung. Akhirnya pasukan Abrahah dihancurkan oleh burung! burung Ababil.,
Nah. Ketika kamu pelihara burung. Rawatlah. Jika tak sanggup merawatnya, lepaskanlah di alam bebas. Sebab jika mati, engkau akan dapat kesulitan kecil. Walau itu bagimu peringatan dari Allah swt.
Ada pula yang laksanakan aksi pemilu damai. Ikon yang dipakai adalah melepaskan burung merpati. Tapi ditanganmu, merpati itu nyunsep, jatuh ketanah, itu sebenarnya tanda tanda. Ada peringatan dari Tuhan. Maka berpikirlah… mungkin ada ya g salah. wallahu alam bissawab.
Burung itu mahluk ciptaan Tuhan yang istimewa. Ia bisa membahagiakanmu, bisa pula menyengsarakanmu. Maka rawatlah dan cintailah burung burung..
Alangkah gelap dunia ini tanpa burung.
rubrik warung (Kang/red)