Bupati trenggalek Rencana Awal RKPD Tahun 2023 Kepada Publik

oleh -22 Dilihat

Trenggalek, Rakyat jelata.com
Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin konsultasikan rencana awal RKPD (Rencana Kerja Pemeritah Daerah) kepada publik,
dan dikemas secara hybrid (daring dan luring) di Gedung Smart Center Trenggalek, kepala daerah di Kabupaten Trenggalek itu menggalang masukan seluruh warga masyarakat atas rencana kerja tahun 2023 yang tengah disusun olehnya bersama jajaran. Selasa (25/1/2022).

Mengusung tema Transformasi Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Kolaboratif serta Infrastruktur Berwawasan Lingkungan, diharapkan seluruh rencana kerja dapat mendukung indikator kerja utama.

“untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang produktif, inklusif dan kreatif; meningkatkan percepatan penanggulangan
kemiskinan dan perlindungan sosial,” ucapnya

Kemudian mewujudkan Trenggalek sebagai kota pariwisata berbasis kolaborasi dan berkelanjutan; meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan penguatan pemerintahan desa; meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis Big Data.

“Selain itu juga mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas melalui peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan; Meningkatkan kesetaraan gender dalam pembangunan dan meningkatkan kualitas Infrastruktur dan lingkungan
hidup,” terangnya

Untuk mendukung hal ini Pemkab Trenggalek membagi rencana kerja ini kedalam roket-roket yang ada yang merupakan padanan kata dari (Rencana Kerja Terukur). Roket ekonomi dengan menyusun Big Data dan Standarisasi UMKM, kemudian Agro perikanan diantaranay melakukan smart farming terus juga lelang online TPI dan masih banyak yang lainnya.

“Masih di sektor ekonomi Pemkab Trenggalek memberikan karpet merah masuknya investasi melalui lelang investasi. Kemudian juga di sektor wirauasaha dengan memberikan sekolah bisnis dan mendorong 5.000 wirausaha perempuan baru di daerahnya,” tuturnya

Belum lagi keperantaraan pasar upaya kolaborasi antara Pemkab Trenggalek dengan KOMPAK yang mendekatkan akses komoditas dengan pasarnya. Tidak hanya itu, para petani jahe di Kecamatan Pule juga diberikan ilmu menanam jahe hingga mengolah jahe yang baik sehingga sesuai standarisasi pasar. Keperantaraan pasar ini coba diadopsi oleh Pemerintah Provinsi Jatim, untuk bisa di terapkan didaerah lain di Jawa Timur.

Beberapa roket lainnya, diantaranya Roket pariwisata dengan mengoptimalkan destinasi unggulan melalui lelang investasi pariwisata. Kemudian 100 desa wisata, promotion branding dan yang lannya. Selebihnya Roket Desa, Roket SDM Kreatif dan yang terakhir roket infrastruktur diantaranya pelayanan infrastruktur dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan dan persampahan (sanitasi dan air).

Arah kebijakan tahun 2023, bertumpu pada peningkatan kualitas sumber daya manusia kolaboratif yang didukung dengan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang inovatif dalam upaya mewujudkan Infrastruktur tangguh dan kemandirian
Ekonomi. Artinya cita citanya masih Meroket, memakmurkan ekonomi rakyat, orangnya kreatif dan ekosistemnya terjaga (prosperity, people and planet).

“untuk melaksanakan forum konsultasi publik, persiapan melakanakan Musrenbang Kabupaten,” pungkasnya (ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.