Bupati Tinjau Jembatan Klungkung Pasca Banjir

oleh -52 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU beserta Dandim 0824 Letkol Inf Batara C Pangaribuan, SE, Kapolres AKBP Hery Purnomo dan Kepala OPD terkait meninjau Jembatan Klungkung yang putus diterjang banjir sehari sebelumnya.

Jembatan itu menghubungkan Kelurahan Banjarsengon, Kelurahan Jumerto dan Desa Klungkung. Sebelum diterjang banjir semalam, jembatan dibangun warga bersama Koramil Patrang dengan konstruksi bambu pada Bulan Februari 2021. Pada tahun 2020 Jembatan tersebut putus pertama kalinya berbarengan dengan banjir bandang di hulu. Jadi ini adalah ketiga kalinya.

Bupati Hendy dalam keterangan pers di lokasi, di bawah Jembatan, mengatakan putusnya Jembatan karena banjir semalam dan menjadi berita viral.

“Tetapi masih ada jalur alternatif,” kata Bupati Hendy, Selasa, (18/1/2022) usai melihat langsung dari bawah Jembatan.

Jalur alternatif yang disebut oleh Hendy, warga harus memutar lewat selatan Jembatan menuju arah Kelurahan Banjarsengon. Rute alternatif kurang lebih 10 km.

Bupati menjelaskan, Jembatan Klungkung sudah masuk dalam program multi years yang didanai APBD. “Kebetulan ini masuk proyek multiyears 2021/2022 dan akan segera dikerjakan dalam minggu ini,” ucap Bupati.

Bupati Jember sedang tinjau Jembatan Klungkung

Hadir pula Konsultan Proyek dari CV Dewi Fortuna Konsuntan dan Kepala UPT DAS Sungai Bedadung wilayah Lumajang, Jember dan Bondowoso.

“Jembatan ini yang semula panjangnya dua puluh meter akan diperpanjang menjadi tiga puluh tiga meter. Dan, pilar (tiang penyangga) bawah yang ditengah sungai tidak ada,” Hendy menjelaskan secara teknis.

Pemerintah Daerah menargetkan Bulan Mei 2022 pembangunan Jembatan Klungkung selesai.

Jembatan Klungkung diambil foto dari Kelurahan Banjarsengon

Dari data LPSE, Jembatan Klungkung bernilai kontrak Rp 3.773.346.912,12 (tiga miliar tujuh ratus tujuh puluh tiga juta tiga ratus empat puluh enam ribu sembilan ratus dua belas rupiah, dua belas sen). Pemenang lelang CV. Darma Bhakti Jaya.

Selama pembangunan Pemerintah Desa Klungkung akan membangun jembatan darurat yang hanya dilewati orang.

Bupati Hendy menjawab Wartawan Rakyat Jelata, di daerah hulu ada sebagian alih fungsi hutan dimana tanaman hutan diganti tanaman produktif.

Sementara itu salah seorang warga Kelurahan Banjarsengon, Ahmad Febri, mengatakan Jembatan bambu hanyut diterjang banjir sekitar pukul 17:00 WIB. “Akibatnya kami tidak bisa ke Desa Klungkung atau ke Jumerto,” katanya sambil menggulung kabel listrik yang putus.

Jembatan Klungkung, foto dari bawah

Selain aliran listrik yang putus, aliran air bersih juga putus.

Ia berharap Jembatan Klungkung segera diperbaiki. (Sigit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.