Bupati Jember Cek Ruas Jalan Proyek Multiyears di Sumberjambe

oleh -62 Dilihat

JEMBER, rakyatjelata.com – Pada hari kedua pelaksanaan Jember Hadir Untuk Rakyat (J-HUR) di Kecamatan Sumberjambe Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU mengecek pengerjaan proyek jalan multiyears.

Di akhir kegiatan sepanjang hari itu Bupati didampingi Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BM dan SDA) dan Camat Sumberjambe melihat dan memeriksa langsung para pekerja dari rekanan.

“Hari ini kita berada di ruas jalan Cumedak tepat di depan Pondok Pesantren Asy Syfa dimana akan segera diperbaiki. Ini proyek multiyears yang sebenarnya sudah bisa dikerjakan Januari kemarin tapi karena hujan baru hari ini mulai dikerjakan,” ucap Hendy, Sabtu, (19/2/2022) pukul 13’05 WIB.

Bupati Hendy menerangkan panjang ruas jalan yang akan ditingkatkan itu sepanjang 6,2 kilometer. “Dan ini akan tetap istimewa bagi kita semua. Status jalan masih kelas III dengan tonase kendaraan maksimal 8 ton,” urai Hendy.

Bupati berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga dan merawat jalan itu nanti. Sebab tanpa kerjasama biaya perbaikannya akan lebih mahal. Caranya dengan membatasi tonase (berat kendaraan dan muatan) tidak melebihi 8 ton.

Selain itu pihak kontraktor juga diminta memperbaiki drainase di kanan kiri bahu jalan agar jalan aspal lebih awet.

Belum selesai bicara di depan awak media tiba-tiba dari arah Ledokombo muncul truk gandeng dengan muatan kayu gelondongan. Dipastikan tonasenya lebih dari ketentuan. Bupati Hendy sempat bergurau, ” Nah ini contohnya, ini nanti akan kita tertibkan.”

Sesuai Aturan Kelas Jalan, jalan Kabupaten masuk kategori kelas III. Untuk itu Pemkab akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan pihak terkait lain mensosialisasikan aturan tersebut.

“Jangan sampai perbaikan jalan ini yang diuntungkan hanya sebagian masyarakat (pengusaha yang menggunakan dan memiliki kendaraan besar) tapi kita ingin jalan ini awet dan dinikmati lebih lama oleh masyarakat luas,” ungkap Hendy.

Sebuah truk gandeng melintas saat Bupati melihat proyek multiyears

Bupati menegaskan jika masih bandel maka ia akan memberlakukan kebijakan yang lebih kencang lagi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan SDA, Siswanto menerangkan selain perbaikan jalan tersebut masih ada pekerjaan di seputar Kecamatan Sumberjambe.

“Ada lima ruas pekerjaan multiyears di Kecamatan Sumberjambe,” kata Siswanto.

Pertama, ruas jalan Sukorejo arah ke Sukosari sepanjang 3 kilometer dengan lebar 5,5 meter. Kedua, ruas Sumbertengah arah Cumedak panjang 4,7 kilometer lebar 5,5 meter. Ketiga, Lembengan ke Ledokombo panjang 4,1 kilometer lebar 5,5 meter. Keempat, lingkar Sumberlesung panjang 3,1 kilometer lebar 2,5 meter.

“Total kelima proyek tersebut 21,3 kilometer,” pungkas Siswanto. (Sigit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.