Bupati Jember Bawa 3 Kadis di Bimtek Pelaku IKM

oleh -389 views

JEMBER, www.rakyatjelata.com – Bupati Jember, Ir Hendy Siswanto,ST.,IPU membawa serta 3 Kepala Dinas sekaligus pada satu acara Bimbingan Teknis (Bintek). Bimtek itu dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru Industri Kecil Menengah (IKM) di ruang Sapphire II Hotel Aston Jember, Selasa, (26/7/2022). Bimtek mulai tanggal 26 hingga 30 Juli 2022 dengan komposisi 30 persen teori dan 70 persen praktek.

Ke 3 Kadis tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pelayanan Satu Pintu, dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro.

Kepada awak media, Bupati Hendy mengapresiasi pelaksanaan Bintek. Sebab inisiasinya berasal dari Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI, Bambang Hariyadi bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

“Ini adalah program Kementerian Perindustrian yang diinisiasi oleh wakil ketua komisi tujuh DPR RI, mas Bambang Hariyadi dari Gerindra yang memang berasal dari dapil Kabupaten Jember dan Lumajang,” ucap Bupati Hendy.

Bupati Jember mendukung acara tersebut dengan membawa Kadis terkait IKM. Dan, hal itu dipuji oleh Bambang Hariyadi.

Wakil ketua Komisi 7 DPR RI, Bambang Hariyadi

Bambang Hariyadi saat acara Bimtek tidak bisa hadir di lokasi sebab sedang menjalani isolasi. Setelah diswab Antigen, ia menunjukkan gejala Covid-19. Bambang dalam keadaan sehat. Ia sendiri tidak percaya dengan hasil tes itu. Bahkan sampai tiga kali tes. Tetapi hasilnya tetap menunjukkan garis datar 2.

Lewat media zoom meeting, Bambang mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu kepala dinas untuk kita bisa bersinergi dimana kabupaten tercinta untuk lebih maju dan sejahtera.”

Sementara itu, Tri Harsono, MM dari panitia, menyampaikan, peserta yang ikut serta Bimtek sejumlah 135 orang calon wirausahawan.

Bimtek meliputi 9 kegiatan usaha diantaranya bintek kue kering 15 orang, makanan ringan 15 orang, ayaman bambu dan rotan 15 orang, magot 15, sabun, pengelasan, service ac, service automotif 15 orang.

Tri Harsono menjelaskan, tujuan bimtek itu untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, pengembangan teknis, pengurusan perijinan, dan lainnya. Pemateri didatangkan yang kompeten yaitu instruktur teknis dari BLK hingga Perbankan.

Dirjen Industri kecil menengah di Kemenperin,  Riefky Yuswandhi

Di bagian lain, Riefky Yuswandhi, ST., M.Kom, Dirjen Industri kecil menengah dan aneka dari Kemenperin juga mengapresiasi Bambang Hariyadi.

“Bapak Bambang Hariyadi adalah mitra kami di Senayan,” katanya.

Ia memberikan informasi bahwa Industri manufaktur tidak bisa berdiri sendiri tetapi harus didukung Industri kecil dan menengah. Kontribusi Industri kecil menengah pada manufaktur cukup besar. Ikm merupakan pahlawan dalam situasi sulit (pandemi), katanya.

Wakil ketua DPRD Kabupaten Jember, H Achmad Halim, dalam kesempatan itu berkata, “Bintek ini kolaborasi dari Komisi 7, Gerindra, Kemenperin dan Pemkab Jember. Harapan kami, bukan pertama dan terakhir program ini akan berkelanjutan.”

(Sigit)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.