Begini Aturan Main KPU Kota Surabaya Tentang APK Peserta Pemilu 2019

oleh -1,018 views

SURABAYA,rakyatjelata.com- KPU kota Surabaya telah menetapkan aturan main alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu 2019 dikota surabaya. Selain pembuatan APK yang difasilitasi KPU, KPU juga mempersilahkan peserta pemilu 2019 untuk pembuatan dan pemasangan secara mandiri.
Terkait desain APK yang ingin difasilitasi oleh KPU, KPU hanya dapat menerima maksimal sebanyak 5 buah model desain, yang diharapkan sudah diterima KPU tanggal 02 Oktober 2018. KPU kota Surabaya hanya memfasilitasi pencetakan APK peserta pemilu, adapun desain materi, pemeliharaan, penggantian, hingga penurunan APK adalah menjadi tanggung jawab masing-masing peserta pemilu, terang Muhammad kholid Assyadulloh, komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU kota Surabaya.
Selain APK yang difasilitasi KPU kota Surabaya, peserta pemilu 2019 juga dipersilahkan mencetak dan memasang secara mandiri dengan ketentuan Pemilu DPR RI/Daerah Provinsi atau kota, dengan menambahkan foto calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan Kota di daerah pemilihan masing-masing calon pada desain APK tersebut, imbuhnya.
Ketentuan Apk yang difasilitasi KPU kota Surabaya diantaranya, jumlah baliho dengan ukuran 3m x 4m, untuk paslon Presiden sebanyak 10 buah /paslon. Untuk Parpol, 10 buah /parpol. Adapun spanduk yang dengan ukuran 1.25m x 6m, Paslon Presiden mendapatkan 16 buah /paslon, untuk Parpol 16 buah /parpol, untuk calon DPD 10 buah /calon.
Desain dan materi paslon Presiden yang difasilitasi KPU kota Surabaya tersebut dapat memuat dan menampilkan nama dan nomor urut paslon, visi misi dan program paslon, foto paslon, foto tokoh yang melekat pada citra diri paslon / pengurus partai politik /gabungan Parpol, dan dapat memuat lambang, nama dan nomor urut Parpol /gabungan Parpol. Adapun untuk calon DPR RI/D dan DPD juga dapat memuat sama seperti paslon presiden, hanya beberapa yang agak berbeda, pada visi misi dan program yang menyesuaikan pada Parpol masing-masing, dan tidak menampilkan lambang, nama, nomor urut partai gabungan pada APK.
Sedangkan ketentuan APK secara mandiri untuk paslon Presiden, DPR RI/D, DPD. Dengan jumlah tambahan Baliho paling banyak 5 (lima) buah di kelurahan dan berukuran paling besar 4m x 7m. Sepanduk paling banyak 10(sepuluh) buah di kelurahan, dan berukuran 1.5m x 7m. Billboard atau videotron paling banyak 2 buah dengan ukuran paling besar 4m x 8m.
Khusus untuk peserta pemilu dari partai politik, jumlah 5 buah baliho, dan 10 buah sepanduk dikelurahan merupakan jumlah keseluruhan dari jumlah APK yang ditentukan KPU untuk Parpol tersebut. Soal bagaimana pembagiannya, caleg siapa yang akan membuat penambahan itu adalah persoalan internal Parpol yang akan memusyawarahkan dalam pengambilan keputusan. Ujar Kholid menambahkan. (Bay/Red).

No More Posts Available.

No more pages to load.